Presiden Jokowi Resmikan Tol Padang - Pekan Baru Tahap I ( Padang - Sicincin )

Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) Rini Soemarno
di proyek tol Padang - Sicincin, Padang Pariaman Sumatera Barat,Sabtu ( 14/10/2017)


PADANG PARIAMAN,- Presiden Joko Widodo, Jumat ( 9 / 2 / 2018 ) sore, meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol padang - pekan baru seksi I ( Padang - Sicincin ) sepanjang 28 kilometer.

"Dengan mengucapkan bismillahirohmanirohim, saya meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol lintas Sumatera, ruas Padang - Sicincin, " ujar Presiden Jokowi.

Proyek jalan tol ini sekaligus pencetakan sejarh. Jika proyek rampung, jalan tol ini merupakan jalan tol pertama yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Presiden menegaskan bahwa pembangunan jalan tol tersebut bukan hanya untuk meningkatkan konektivitas orang, melainkan melancarkan distribusi barang. Dengan demikian harga produk dapat bersaing dengan negara lain.

Selain itu pembangunan jalan tol padang - pekanbaru juga diyakini mendorong perkembangan sektor pariwisata di Sumatera Barat.

"Karena potensi pariwisatanya di Sumatera Barat sangat Luar biasa. Ada Mandeh, Bukittinggi, dan Tanah Datar. Semuanya indah - indah, " ujar Jokowi.

Presiden didampingi Mentri pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretariat Kabinet Pramono Anung dan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo sempat meninjau lokasi proyek.


Cacatan yang diterima Presiden, proyek jalan tol senilai Rp 78 triliun tersebut sebenarnya sudah direncanakan sejak 2008. Namun lataran terkendala pembebasan lahan, proyek tidak kunjung terlaksana.

Proyek jalan tol dengan panjang 244 kilometer itu memiliki lima seksi. Seksi pertama yakni Padang - Sicincin dengan panjang 28 kilometer.


Seksi kedua yakni Sicincin - payakumbuh dengan panjang 78 kilometer. Seksi ketiga yakni Payakumbuh - Pangkalan dengan panjang 45 kilometer.

Seksi keempat yakni Pangkalan - bangkinang dengan panjang 56 kilometer dan terakhir seksi kelima yakni Bangkinang - Pekanbaru dengan panjang 37 kilometer.

Dengan dibangunnya jalan tol ini, waktu tempuh Padang - Pekanbaru yang tadinya memakan waktu hingga 9 jam bisa dipangkas menjadi 2,5 jam hingga 3 jam saja.








Komentar